HINDARI MASAK MIE DENGAN PLASTIKNYA

Posted by INFO SEKOLAH KITA on Sunday, April 24, 2016

Plastik bukan hanya dipakai untuk pengolahan gorengan.  Ternyata plastik  juga digunakan penjual mi instan. Di warung-warung, banyak penjual yang nekat melakukan hal tersebut. Dampak yang ditimbulkan juga sama bahaya seperti menggoreng jajanan dengan plastik.

Sebenarnya, mencampur bungkus plastik dengan mi instan ketika memasak bertujuan praktis. Tidak banyak membuang waktu. Misalnya, ada empat orang yang ingin membeli mi instan. Ada yang memesan mi goreng, ada pula yang memesan mi rebus. Nah, penjual akan lebih mudah menggunakan cara itu. Cara penyajian pun cepat.

Jawa Pos melihat langsung pembuatan mi seperti itu di kawasan Karang Menjangan, Surabaya. Awalnya, penjual mi mengeluarkan bumbu dari dalam bungkus. Bumbu tersebut lalu dibubuhkan ke atas piring. Saat air mulai mendidih, bungkus mi yang sudah terbuka bagian atasnya tidak dicopot. Saat ditiriskan, masih terlihat bungkus plastik warna putih yang menempel. Setelah menyaring airnya, mi beserta pembungkusnya itu dihidangkan di atas piring.



Sebelum mengaduk rata, sang penjual memungut plastik yang sudah mengerut itu. Setengah kepanasan, tangannya mengambil bungkus tersebut, lalu memasukkannya ke tempat sampah. Baru kemudian, mi diaduk kembali.



Sony, salah seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di kawasan Surabaya Timur, mengaku kerap menemui penjual model begitu. Warungnya memang selalu ramai didatangi pembeli. ''Makanan utama yang dijual ya memang mi instan itu,'' ucap mahasiswa tingkat akhir tersebut.



Umumnya, pembeli sudah tahu dengan teknik memasak bercampur bungkus mi itu. Namun, rata-rata cuek. Mereka menganggap tidak masalah. ''Toh, rasanya tidak berubah. Biar adil saja pas dibagi, biar nggak nyampur sama mi pembeli lain,'' ucap dia.



Di warung itu, ada pula pembeli yang meminta bungkus mi tidak ikut dimasak. Biasanya, mereka rela menunggu sampai penjual tersebut meladeni pembeli lain. Penjual pun tidak pernah tersinggung semisal ada pembeli yang meminta bungkus mi tidak dicampur. Toh, pembeli juga tidak pernah protes.



Di sekitar kampusnya, Sony pernah menjumpai dua warung yang penjualnya pernah mencampur bungkus mi instan ke dalam panci. Selama ini, dia tidak pernah mendengar kabar aneh-aneh. ''Sayanggak pernah tahu ada anak yang sakit gara-gara makan mi campur bungkus,'' katanya.



Tanpa disadari, memasak bahan makanan dengan bahan plastik berpotensi menimbulkan masalah. Namun, dampaknya memang tidak bisa langsung dirasakan. Orang tidak langsung meninggal seketika. Sebab, kandungan berbahaya pada plastik mampu bertahan lama dalam tubuh.



Setelah beberapa waktu, sakitnya baru terasa. Penyakit yang datang begitu disadari termasuk berbahaya. Semakin lama, sel-sel tubuh berubah mengganas. Lalu, timbul kanker. ''Plastik mi meskipun tipis tidak akan bagus untuk tubuh,'' ujar ahli gizi Andriyanto

-Hati-hati mengonsumsi gorengan. Apalagi itu adalah gorengan yang diolah dengan campuran plastic. Gorengan yang dimasak bersama plastik biasanya terasa lebih renyah. Jangan heran apabila penyuka gorengan pun seperti ''ketagihan''. Namun, jangan lupa ada dampak negatif jika ada mengonsumsinya.


Dokter spesialis penyakit dalam Prof dr Hans Tandra SpPD menyatakan, plastik yang terkena panas akan leleh. Saat makanan digoreng, lelehan itu akan menempel di gorengan. Jika gorengan tersebut dikonsumsi, gangguan awal yang akan terjadi adalah iritasi di pencernaan.

 ''Lambung dan ususnya mengalami radang,'' ujarnya.


Apabila peradangan itu tidak segera dituntaskan, bisa memicu kanker di organ pencernaan. Antara lain, kanker usus dan lambung. Kanker tersebut muncul karena makanan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia plastik. Zat berbahaya itu masuk, kemudian sulit dicerna oleh organ pencernaan. Akibatnya, zat tersebut malah menumpuk dan memicu tumbunya sel-sel jahat di lambung atau usus.



Selain itu, setiap metabolisme makanan akan melewati hati. Adanya bahan kimia yang masuk dalam tubuh karena gorengan plastik dapat memicu kerusakan liver. Padahal, hati merupakan tempat detoks atau proses pengeluaran racun. Jika hati sudah bermasalah, fungsinya sebagai penangkal toksin pun terganggu.



Menurut Hans, masalah lain yang timbul karena mengonsumsi gorengan berplastik adalah gangguan ginjal. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa mengakibatkan gagal ginjal. Penyandang gagal ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidup.


''Kriuk-kriuk gorengan karena plastik itu memang bikin ketagihan, tapi bahaya. Perlu penguasaan diri agar tidak tergoda,'' ucap dokter National Hospital tersebut,


Hans mengungkapkan, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi makanan yang digoreng. Tetapi, yang mengonsumsi sebaiknya seleksi dalam memilih gorengan yang tidak mengandung plastik. Selain itu, jumlahnya dibatasi. Sebab, setiap olahan gorengan pada dasarnya sudah kurang baik. Minyak yang dipanaskan semula baik menjadi minyak jenuh atau minyak trans. Hal tersebut memicu penyumbatan pembuluh darah. Akibatnya, bisa terjadi penyakit jantung koroner atau stroke.



Menurut dia, minyak yang sekali pakai pun jika dipanaskan bakal menjadi minyak trans. Selanjutnya, ada yang menyatakan minyak selain sawit tidak masalah. Misalnya, minyak bunga matahari,olive oil, dan dari bahan jagung. ''Sama-sama kalau panas terjadi hidriogenasi, berubah menjadi minyak jahat,'' ungkapnya.



Supaya konsumsi gorengan tidak terlalu berdampak, Hans menyarankan untuk mengurangi jumlahnya dan mengimbangi dengan makan sayur dan buah. Termasuk olahraga teratur.



Kalau yang dikonsumsi gorengan seperti ayam atau yang lain, kulitnya yang kriuk bisa disingkirkan. Daging dalamnya bisa dimakan. Sebab, bagian luar yang krispi itu paling terpapar dengan bahaya proses penggorengan.


Sumber: jpnn.com 

= Baca Juga =



Blog, Updated at: April 24, 2016

1 komentar:

  1. Sering saya menjumpai tukang dagang nakal seperti ini, lalu mengenai bahaya jajan gorengan sepertinya sudah tidak asing juga. karena saya pernah jadi korban

    ReplyDelete

Search Artikel

Featured Post

Pengumuman Rincian Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021

Link Download Pengumuman Formasi CASN (CPNS dan PPPK) Tahun 2021 . Pemerintah pada tahun 2021 ini akan membuka seleksi CPSN dan seleksi PPP...

BLOG PKN

------------------------------------------


Statistik Blog

Popular Posts

CB